Tutorial Surat Izin Dalam Organisasi



Syarat Membuat Surat Izin Dalam Organisasi



Untuk membuat surat izin dalam organisasi, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, karyawan harus meminta izin kepada atasan dengan memberikan alasan yang jelas dan terperinci mengenai kegiatan yang akan dilakukan. Kedua, karyawan harus mengisi formulir izin yang telah disediakan oleh perusahaan atau organisasi. Ketiga, surat izin harus disetujui dan ditandatangani oleh atasan atau pihak yang berwenang.


Contoh Surat Izin Dalam Organisasi



Berikut adalah contoh surat izin dalam organisasi:
Kepada Yth,
Atasan / Pimpinan
Perusahaan ABC
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Andi
Jabatan : Staff Administrasi
Berdasarkan kebutuhan pribadi, saya mengajukan permohonan izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal 10 Februari 2023 dengan alasan akan menghadiri acara pernikahan saudara di luar kota.
Saya akan kembali ke kantor pada tanggal 11 Februari 2023. Selama saya tidak berada di kantor, pekerjaan saya akan ditangani oleh rekan kerja saya.
Atas perhatian dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Andi


Kesimpulan



Surat izin dalam organisasi merupakan salah satu bentuk pengaturan dan pengendalian kegiatan karyawan di luar jam kerja atau tugas utama yang telah ditetapkan. Surat izin ini penting untuk menghindari penyalahgunaan waktu kerja dan penggunaan fasilitas perusahaan untuk kegiatan pribadi yang tidak produktif. Untuk membuat surat izin dalam organisasi, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Dalam contoh surat izin yang telah diberikan di atas, terlihat jelas bagaimana cara membuat surat izin yang baik dan benar.

close